AKREDITASI MIUS 2020 DENGAN PARADIGMA BARU

Tanggal 23 – 24 November 2020.

Karena masih dalam Masa Pandemi, MIUS berkesempatan melaksanakan akreditasi 2020 secara daring oleh BAN-S/M guna meningkatkan kualitas madrasah yang bermutu.

Paradigma baru yang berbasis performance yang diukur bukan sekedar pemenuhan input tetapi kinerja sekolah/madrasah. Sekolah/Madrasah dalam melaksanakan misinya yaitu melaksanakan proses pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang bermutu. yang menjadi variabel utama untuk dinilai dalam akreditasi baru adalah mutu lulusan, proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah/madrasah, kinerja guru yang menjadi tulang punggung proses pembelajaran, serta manajemen sekolah/madrasah dalam menggali sumber-sumber input dan mengelolanya untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah/madrasah.

Pada sesi pertama tanggal 23 November 2020,
Visitasi secara daring dilaksakan para assesor Bu Sutiah & Bu Kiswari yang sudah ditunjuk langsung oleh BAN-S/M untuk menggali informasi tentang dokumen dari 4 Komponen yang terdiri dari 35 butir inti dan 1 butir khusus. dengan teknis wawancara yang melibatkan Kepala Madrasah, para guru, tenaga kependidikan, dan orang tua/komite.

Pada sesi kedua tanggal 24 November 2020,
Kegiatan dilaksanakan dengan melihat langsung observasi Kegiatan Belajar Mengajar dengan melibatkan seorang guru dan para siswa di dalam kelas, serta mewawancarai beberapa siswa secara langsung.

Tentunya dengan perubahan teknis akreditasi 2020 ini sangat memberikan manfaat bagi madrasah dan semoga MIUS bisa lebih baik lagi, amin.

Tulis komentar di sini

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *