Back to school! MATSAMA Online MIUS TP. 2021/2022

Welcome back students to academic year 2021/2022!!!

Masa pandemi masih menyelimuti pada awal tahun pelajaran 2021/2022, tentunya akan berdampak bagi kegiatan awal tahun pelajaran yang biasa kita sebut dengan MPLS/MATSAMA di semua sekolah yang ada di Indonesia khususnya di Kabupaten Lamongan.

Namun, MIUS mempunyai cara tersendiri untuk melakukan kegiatan tersebut, dengan memanfaatkan beberapa aplikasi online, maka sebagai alternatif kegiatan MATSAMA secara keseluruhan dilakukan secara daring/online.

Kegiatan MATSAMA yang semula hanya 3 hari, pada tahun ini kita laksanakan selama 5 hari dengan alasan karena daring dan bertujuan agar semua siswa tetap melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat selama di rumah dengan dikemas pada kegiatan MATSAMA tersebut.

Kegiatan dilaksanakan mulai dari tanggal 12 Juli s/d 16 Juli 2021 dengan berbagai macam kegiatan di setiap harinya.

Pada hari pertama, anak-anak siswa baru melakukan ta’aruf secara daring dengan guru wali kelas dan guru kelas 1, dilanjut dengan menulis dan membuat video identitas diri dengan melibatkan orang tua.

Pada hari kedua, anak-anak menonton video pembelajaran rukun islam, dan dilanjut dengan memperkenalkan Baca Tulis Al Qur’an metode Sabili dengan memberikan contoh bacaan surah-surah pendek kepada siswa.

Pada hari ketiga, pendalaman Baca Tulis Al Qur’an metode Sabili mulai dari memperkenalkan huruf hijaiyah sampai bacaan surah-surah pendek yang ditirukan oleh anak-anak.

Pada hari keempat, memperkenalkan bacaan Asmaul Husna yang nantinya akan dilakukan anak-anak setiap hari sebelum pembelajaran dimulai, kemudian anak-anak membuat kaligrafi dari salah satu lafadz Asmaul Husna dengan bantuan orang tua.

Pada hari kelima, melaksanakan kegiatan kemandirian siswa setiap hari dengan memanfaatkan aplikasi tiktok.

Semoga pada kegiatan MATSAMA tahun ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kita semua. Amin..

Tulis komentar di sini

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *