MIUS Mengadakan Pembelajaran PAT Online Saat Pandemik Covid 19

Sejak diberlakukannya sistem belajar di rumah oleh pemerintah pada masa pandemik Covid-19, hanya dalam hitungan beberapa minggu, MI Unggulan Sabilillah (MIUS) Lamongan langsung bergerak cepat dengan mengadakan sistem pembelajaran berbasis internet atau online.

Dengan berpedoman pada Panduan Kurikulum Darurat yang telah diterbitkan Kemenag RI, beberapa langkah pembelajaran dilakukan para guru dan siswa MIUS secara online. Misalnya dengan memberikan materi dan penugasan lewat Google Classroom, guru memberikan materi pada siswa melalui video penganntar di Youtube, atau guru menerangan materi secara langsung lewat media Zoom.

Selengkapnya bisa dibaca di tulisan sebelumnya: Makin Jago Belajar dengan Teknologi ala Siswa/i MIUS (MI Unggulan Sabilillah)

Dengan berbagai cara tersebut, pembelajaran madrasah pun bisa tetap menjamin keamanan, kesehatan, dan keselamatan siswa. Tentunya dengan cara-cara yang kreatif dan inovatif, pembelajaran yang bermutu tetap bisa dirasakan oleh siswa madrasah khususnya siswa MIUS di masa berlakukan Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB) maupun pada saat pemberlakuan new normal nantinya.

Setiap harinya melalui Google Classroom, siswa MIUS fokus pada materi dari satu atau dua mata pelajaran pasangan dari mata pelajaran utama, pengembangan diri, atau peminatan.

Sedangkan dengan berpedoman pada Kalender Pendidikan yang telah ditetapkan Kementerian Agama tahun pelajaran 2019/2020 yang akan berakhir pada 20 Juni 2020, sejak tanggal 2 Juni kemarin, siswa-siswi MIUS mulai melakukan PAT online sampai tanggal 10 Juni 2020.

Prosesnya, para guru terlebih dahulu membuat soal dengan berpatokan pada kisi-kisi kompetensi dasar dan indikator. Setelah itu, soal disalin ke dalam Google Form dengan password berbeda untuk setiap mapel. Seluruh soal itupun kemudian ditampilkan berdasarkan jenjang kelas melalui e-learning.

Setiap harinya, siswa mendapatkan jadwal ujian satu hingga dua mata pelajaran. Di setiap pagi, wali kelas membagikan link serta passwrod mapel yang diujikan lewat grup WhatsApp orang tua atau wali murid.

Sedangkan dikarenakan tidak semua orang tua bisa menemani dan mengawasi putra-putrinya selama masa PAT online di rumah, maka batas waktu pengerjaan soal pun dibuat hingga pukul 21.00 WIB. Sehingga bagi orang tua yang bekerja di luar rumah, tetap bisa mengawasi proses PAT online putra-putrinya sepulang dari bekerja saat sore atau malam harinya.

Pembelajaran hingga PAT secara online inilah wujud komitmen MIUS sebagai madrasah yang tetap memberikan pelayanan terbaik saat pembelajaran di masa Pandemik Covid-19 di masa pemberlakuan PSBB.

Tulis komentar di sini

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *