Mius Swimming Education

Mius Lamongan – Tak hanya menyenangkan, berenang adalah salah satu aktivitas fisik yang meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh anak. Manfaat berenang untuk anak lainnya juga membuat jantung dan paru-paru semakin kuat.

Itulah mengapa berenang adalah olahraga yang direkomendasikan bagi siswa/i MI Unggulan Sabilillah Lamongan.

Dengan nama Mius Swimming Education (MSE) menjadi salah satu program unggulan dari madrasah dengan bekerja sama dengan LSC (Lamongan Sport Center) yang langsung dibimbing oleh tenaga profesional.

Kegiatan MSE dilakukan seminggu sekali pada hari sabtu dan akan bergantian sesuai kelas masing-masing.

Manfaat berenang untuk anak:

Berenang adalah salah satu aktivitas fisik yang paling disukai, baik sebagai ajang olahraga maupun kegiatan rekreasi. Ada banyak sekali manfaat berenang untuk anak di antaranya:

  1. Melatih otot

Saat anak berada di dalam air, bergerak saja harus mengeluarkan tenaga dua kali lipat karena melawan gaya air. Artinya, gerakan berenang membuat anak menggerakkan seluruh ototnya. Gerakan demi gerakan ini membantu perkembangan otot dan membuat anak lebih kuat.

  1. Kepercayaan diri

Berada di air dan mengatur keseimbangan membuat anak harus bisa mendengarkan tubuhnya sendiri. Ketika anak berhasil menguasai gerakan atau gaya berenang yang ringan sekalipun, hal ini bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka.Kepercayaan diri yang tinggi ini bisa membuat anak-anak memiliki kontrol diri yang baik, keinginan sukses lebih besar, hingga kemampuan untuk menyamankan diri dalam situasi sosial berbeda-beda.

  1. Skill bertahan

Belajar berenang sejak kecil akan membekali tubuh dengan skill bertahan hidup yang cukup krusial di air. Hal ini akan membuat anak punya pengalaman lebih banyak di dalam air apabila sewaktu-waktu berada dalam kondisi darurat.Terbukti, berenang dapat mengurangi risiko tenggelam pada anak-anak yang berusia 1-4 tahun. Meski demikian, anak-anak yang sudah pandai berenang sekalipun harus diawasi saat berada di air.

  1. Meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru

Berenang juga merupakan olahraga yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Saat berenang anak dilatih untuk mengatur pernapasan saat berada di dalam air dan mengangkat kepala. Apabila dilakukan secara rutin, hal ini dapat meningkatkan kekuatan jantung serta paru-paru.

  1. Mencegah obesitas

Obesitas pada anak dapat mengurangi fleksibilitas mereka dalam melakukan aktivitas fisik. Berenang bisa membantu mencegah obesitas. Tak hanya itu, berenang juga meningkatkan stamina dan membuat postur tubuh anak semakin baik.

  1. Kesehatan mental

Tak hanya untuk fisik, rupanya berenang juga baik untuk kesehatan mental anak. Berenang bisa membuat mood anak menjadi semakin baik hingga mengatasi depresi. Berada di dalam air membuat anak merasa rileks dan bisa bebas berekspresi.

  1. Tingkatkan fungsi kognitif

Gerakan saat berenang membantu perkembangan saraf otak di bagian corpus. Itulah mengapa berenang bisa meningkatkan fungsi kognitif atau kemampuan berpikir pada anak. Hal ini akan berpengaruh pada kemampuan membaca, berbahasa, pembelajaran akademis, hingga kesadaran spasial.

  1. Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan

Tentunya saat berada di air, anak-anak harus bisa berkoordinasi dan menjaga keseimbangan. Bukan perkara mudah menggerakkan tangan dan kaki seirama.Rupanya, hal ini bisa berpengaruh terhadap anak saat mereka tumbuh besar nanti. Selain itu, anak juga terlatih mendengarkan instruksi dan mengikutinya dengan baik di kehidupan nyata.

  1. Kualitas tidur lebih baik

Tak perlu heran apabila anak makan lebih lahap dan tidur lebih nyenyak setelah berenang. Energi yang dikeluarkan saat berenang membuat mereka tidur lebih nyenyak dan kualitas tidurnya pun lebih baik.

Tulis komentar di sini

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *