Makan Siang Bersama

Kegiatan makan siang bagi siswa-siswi yang sekolah seharian di Sekolah full-day nampaknya seperti kegiatan rutin biasa yang dilakukan setiap hari. Padahal dibalik kegiatan makan tersebut, banyak nilai-nilai kebaikan yang bisa ditanamkan. Dan MI Unggulan Sabilillah, yang juga menerapkan full-day school, benar-benar memanfaatkan momentum tersebut sebagai sarana pembelajaran karakter siswa-siswinya. Karena pihak sekolah benar-benar menyadari bahwa belajar tentang karakter dan ketrampilan hidup harus menjadi bagian integral dalam semua kegiatan pendidikan di Madrasah.

Dalam kegiatan makan siang ternyata banyak sekali nilai-nilai kehidupan yang bisa diajarkan. Sembari menikmati menu yang sudah dihidangkan, para siswa bisa mendapatkan pelajaran yang sangat berharga dalam kehidupannya. Asalkan pihak sekolah benar-benar mau mengarahkan kepada tujuan-tujuan pendidikan. Dalam makan siang itu bisa ditanamkan sikap kemandirian. Karena dalam kegiatan tersebut siswa akan terbiasa mandiri misalnya, mengambil makanan, mengambil minuman, menuruh tempat makanan di tempatnya kalau sudah selesai makan dan lain-lain.

Bukan hanya itu, dalam kegiatan makan siang juga bisa dilatih rasa tanggung jawab. Sebagai contoh, siswa yang mengambil makan sendiri, dia bertanggung jawab untuk menghabiskan atas makanan yang diambilnya. Dengan hal ini akan melatih para siswa untuk mengukur seberapa banyak makanan yang akan diambilnya. Maka dia akan mengambil makanan secukupnya dan dengan itu tidak ada makanan yang terbuang. Selain hal tersebut, kegiatan makan siang juga sekolah bisa membiasakan siswa bagaimana cara atau adab makan yang sesuai tuntunan agama Islam. Misalnya membiasakan memulai makan  dengan membaca Basmallah, memakai tangan kanan dan tidak makan sambil berdiri. Melalui kegiatan makan siang itu juga siswa diingatkan supaya tidak lupa bersyukur atas nikmat yang Allah SWT berikan kepada mereka. Dan juga melalui kegiatan tersebut siswa dibiasakan untuk akrab bersama teman-temannya, saling membantu, saling menghargai dan menghormati. Demikianlah MI Unggulan Sabilillah membentuk karakter siswa-siswinya.

Tulis komentar di sini

comments