Pondok Ramadhan MIUS, 30 Hari Berburu Berkah

Pagi itu, halaman MIUS tampak ramai dengan kerumunan para santri dari kelas 1-6. Mereka terlihat menawan dengan busana muslim yang dikenakannya. Sesekali terdengar canda dan gurauan diantara mereka. Ada yang bermain saling berkejaran. Ada pula yang ngobrol entah membicarakan apa, barangkali masih dalam dunia anak-anak seusianya. Namun, suasana ramai penuh canda itu sedikit meredah dengan kehadiran para Ustadz-ustadzah, wali kelas mereka. Para guru wali kelas itu memberikan isyarat kepada para santrinya segera masuk ke dalam kelas. Semua santri seperti senada-seirama mengikuti arahan wali kelas mereka masing-masing. Di dalam kelas mereka mendapatkan pengarahan dan materi tentang agenda kegiatan ‘Pondok Ramadhan’ yang akan mereka jalani.

Hari berikutnya, suasananya pun tak jauh berbeda. Kegiatan berjalan dengan lancar. Tak ada persoalan yang cukup berarti. Alhamdulillah, semua dapat tertangani secara baik. Kegiatan ”Pondok Ramadhan 1438 H” kali ini diikuti oleh kurang lebih 520 siswa. Tema besar yang diambil dalam pelaksanaan “Pondok Ramadhan 1438 H” MIUS kali ini adalah “30 Hari Berburu Berkah”. Alasannya, tak jauh-jauh dari tujuan diadakannya acara itu sendiri. Diharapkan dengan acara ini akan ada nilai-nilai prestasi yang akan diukir oleh para santri. Termasuk bagaimana nantinya mereka akan mampu menggapai keutamaan dan kemenangan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Pada hari kelima Jumat, 8 Juni 2017, khusus siswa-siswi kelas 4-6 Pada pukul 15.00 sudah banyak siswa yang datang ke Madrasah untuk mengikuti pondok ramadhan dan melaksanakan kegiatan buka bersama akan ada shalat tarawih di Madrasah, Jarum jam yang paling pendek menunjuk ke arah antara angka 5 dan 6, itu tandanya waktu berbuka sebentar lagi akan tiba. Benar, setelah sesaat menunggu terdengar juga suara adzan maghrib. Beberapa Kurma dibagikan kepada siswa, ustadz-ustadzah mereka membatalkan puasa hari ini dengan ta’jil yang manis. Setelah berbuka puasa seluruh ustadz-ustadzah dan siswa sholat maghrib terlebih dahulu. Setelah shalat baru makan bersama. Kegiatan dilanjutkan shalat tarawih, kemudian jam 20.30 pulang.

Tahfidz surat pendek. Siswa-siswi sangat bersemangat sekali untuk melanjutkan potongan ayat yang dibacakan ustadzah

Siswa-siswi kelas 3 sedang mendengarkan arahan materi dari Ustadzah

Sholat Dhuha Berjamaah Kelas 1

Siswa-siswi kelas 4 sedang Tadarus Bersama

Siswa-siswi kelas 1 sedang mendengarkan arahan materi dari Ustadzah

Ustadz-ustadzah mendampingi siswa-siswi selama materi berlangsung

Tahfidz surat pendek. Seorang siswi sedang melanjutkan potongan ayat yang dibacakan ustadzah

Sholat Dhuha Berjamaah Kelas 1

Siswa-siswi kelas 1 sedang mendengarkan arahan materi dari Ustadzah

Ngaji kitab ala Pondok Pesantren

Para pemenang lomba mewarnai dengan tema Ramadhan

Persiapan buka bersama di hari ke lima

Siswa-siswi sedang sholat maghrib berjamah

siswa-siswi sedang menikmati hidangan buka bersama

Persiapan sholat tarawih berjamaah

Seusai sholat tarawih, siswa-siswi mendapatkan tausiah dari Bapak Kepala Madrasah Ustadz Kholidun

Tulis komentar di sini

comments