Budaya Baca

Salah satu program Unggulan yang dimiliki MIUS yaitu Budaya Baca. Yang bernama “Membaca Senyap” sebelum pelajaran dimulai, siswa diwajibkan membaca buku non Mapel selama 10 menit yang dilakukan di dalam kelas maupun luar kelas, MIUS telah menyediakan sudut-sudut baca yang terletak di dalam dan  di luar kelas. Ustadz-ustadzah diberikan kebebasan berkreasi  dalam menentukan model sesuai dengan tingkatan kelas.

Selain itu di luar Gedung didirikan Taman Baca yang letaknya berada di sebelah utara Gedung MIUS, terdapat pula empat unit Gazebo baca yang letaknya persis di dalam Taman Baca. Gazebo Baca ini bertujuan untuk mengajak  siswa dan orang tua ikut aktif dalam menumbuhkembangkan budaya baca di MIUS. Di dalam Gazebo Baca tersebut disediakan koleksi bacaan seperti buku-buku fiksi, majalah, tabloid dan surat kabar. Sehingga Orang tua siswa sambil menjemput anaknya yang pulang kadang ada yang sambil membaca beberapa koleksi di sana.

Kami mengharapkan minat baca siswa MIUS tumbuh dan berkembang sehingga mencintai buku dan terbiasa membaca. Hasilnya tampak sangat positif, siswa mampu menyampaikan hasil bacaan mereka di depan orang tua mereka di rumah. Di depan kelas, mereka mampu tampil memberikan presentasi dengan referensi hasil bacaan mereka.  Ustadz-ustadzah membimbing siswa untuk berani tampil dan mengembangkan keterampilan berbahasa mereka lewat kegiatan Membaca Senyap.

Program budaya baca tersebut juga memberikan dampak positif  terhadap partisipasi aktif orang tua siswa  terhadap  program Madrasah.  Misalnya, mereka memberikan bantuan materil untuk penambahan koleksi buku yang bernama “Gerakan Wakaf Buku”.

Tulis komentar di sini

comments