Sambut Tahun Ajaran Baru Dengan Pelatihan PAKEM

Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan

Salah satu upaya MI Unggulan Sabilillah Lamongan dalam menghadapi Tahun Ajaran baru 2015-2016 yaitu menyiapkan tenaga pendidik yang baik dalam proses pembelajaran, salah satunya yaitu melaksanakan pelatihan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) bagi ustadz-ustadzah secara berkala. Pada tanggal 8-10 Juni 2015 kemarin, para ustadz-ustadzah mengikuti pelatihan PAKEM. Seperti nama pelatihannya, diharapkan semua ustadz-ustadzah dapat melakukan inovasi dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga peserta didik tidak melulu mendengarkan ceramah, pasif dan minim kegiatan. Ustadz-ustadzah tidak lagi menggunakan metode pembelajaran yang mungkin sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan zaman.

Pelatihan ini diisi dengan bernyanyi, bermain dan bercerita yang dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 6 orang. Setiap kelompok mengajukan satu perwakilan untuk menerima amanah, kemudian kembali ke kelompoknya. Setiap kelompok diminta membuat lesson plan sesuai tema yang berikan. Kemudian mempraktekkannya di depan peserta lainnya. Tidak hanya itu, para ustadz-ustadzah juga melakukan simulasi kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Salah seorang ustadz-ustadzah berperan sebagai guru, anggota kelompok lain jadi muridnya. Kami semua mendapatkan peran. Ada yang jadi anak baik, sebagian yang lain jadi anak usil.

Melalui pembelajaran PAKEM ini, para ustadz-ustadzah mampu mengubah budaya mengajar di dalam kelas, sehingga dapat tercipta suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan afektif para anak didik. Selain itu, program ini memberikan pelatihan tata kelola dan tata layanan pendidikan, sehingga mereka mampu menjadi seorang pemimpin (leader) dan pengelola (manager) yang handal dalam membuat suasana pembelajaran yang baik di Madrasah.

Pembelajaran PAKEM

Senam Ongkek-ongkekan

Pembelajaran PAKEM

Para Ustadz-Ustadzah Sedang berdiskusi Kelompok

Pembelajaran PAKEM

Presentasi Hasil Diskusi

Diskusi Kelompok

Diskusi Kelompok

Tulis komentar di sini

comments