MIUS Tahfidz

MIUS Tahfidz merupakan progam unggulan di MI. Unggulan Sabilillah Lamongan. Progam ini diperuntukkan khusus bagi para santri MIUS yang berminat untuk menghafalkan Al Qur’an. Progam yang mencetak santri-santri generasi Qur’ani yang bagus, hebat dan pastinya berbudi luhur,  berakhlak seperti yang termaktub di dalam kitab suci Al Qur’an. Di MIUS Tahfidz  santri-santri di latih dan di didik untuk menjadi pribadi yang selalu giat dan semangat dalam menghafal Al Qur’an dan juga di latih bagaimana cara menumbuhkan kecintaan terhadap Al Qur’an sebagai pedoman hidup, serta memberikan inovasi-inovasi pembelajaran agar anak cepat dalam menghafal Al Qur’an.

MIUS Tahfidz memiliki visi menjadikan lembaga pendidikan islam yang mendekatkan serta menumbuhkan cinta  Al-Qur’an sehingga anak berkepribadian Islami, sedangkan misi MIUS Tahfidz yaitu menanamkan dan menumbuhkan cinta Al-Qur’an secara utuh sejak dini, Membekali anak mengenal juga melaksanakan amalan praktis harian (sholat, baca / hafal Al-Qur’an, dll), menanamkan akhlakul karimah dalam berinteraksi dengan orang tua, guru, teman, dan masyarakat, dan menyiapkan anak menjadi  anaak sholeh-sholehah.

MIUS Tahfidz memiliki Murabbi yang sangat kompeten di bidang keilmuan maupun sanad Al Qur’an, diantaranya lulusan pondok pesantren Al Qur’an Kudus yang sanad keilmuan langsung kepada KH. Arwani Amin, juga lulusan pondok pesantren Al Qur’an Salatiga Jawa Tengah yang di asuh oleh KH. Munawwir Munajat, dan lulusan pondok pesantren Langitan yang di asuh oleh KH. Abdullah Faqih, dari semua Murabbi tersebut sanad keilmuannya bersambung langsung kepada Nabi Muhammad SAW.

MIUS Tahfidz memberikan pembelajaran yang enjoy juga pastinya menyenangkan sekaligus ditemani nuansa pagi yang sejuk nan hijau langsung bercengkrama dengan alam karena tempatnya di gazebo-gazebo madrasah secara berkelompok. Dengan nuansa-nuansa seperti itu menjadikan anak-anak lebih fresh, giat dan semangat dalam proses menghafal Al Qur’an.

Proses pemberlajaran Tahfidz di MIUS mulai hari Selasa – Kamis, santri-santri masuk pukul 06.10 – 07.20 WIB, sebelum proses pembelajaran KBM sekolah, dengan perkelompok-kelompok yang sudah ditentukan oleh lembaga. Mereka memulai dengan do’a khas dari MIUS Tahfidz secara bersama-sama pastinya ramai dengan lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an, setelah itu murajaah bersama surah-surah yang telah ditentukan oleh para murabbinya masing-masing. Mereka menghafal dengan giat, semangat dan gembira-ria dengan target minimal setoran 10 ayat disetiap pertemuan, kemudian maju satu-persatu untuk disimak serta mendapatkan koreksi langsung oleh murabbinya masing-masing.

MIUS Tahfidz memberikan progam-progam unggulan yang bagus dan tentunya menunjang bagi para penghafal Al Qur’an diantaranya yaitu:

  1. Dimulai progam seleksi masuk Tahfidz setahun dua kali.
  2. Progam harian baca di mic, “Untuk melatih mental santri-santri” setiap hari secara bergantian sesuai jadwal.
  3. Progam sorogan, “Memperlancar dan memperkuat hafalan santri-santri” mulai hari Selasa – Kamis.
  4. Progam darling (Tadarus keliling) sebulan sekali.
  5. Progam ujian Munaqasah bagi santri yang sudah hafal 1 Juz setahun dua kali.
  6. Progam wisuda Tahfidz setahun dua kali.
  7. Progam study banding ke pesantren-pesantren yang menjadi kiblat keilmuan Al Qur’an setahun sekali.

Sistem Kurikulum MIUS Tahfidz diantaranya:

  1. Tahfidz dengan target hafalan 30 juz, atau 1 juz/ 1 semester.
  2. Jenjang pendidikan di MIUS Tahfidz selama 6 tahun.
  3. Lulus dari MIUS target hafalan 12 Juz.

Untuk progam-progam Murabbi penunjang untuk peningkatan mutu dan kualitas progam MIUS Tahfidz diantaranya yaitu:

  1. Tadarus bersama
  2. Musyawwir dan evaluasi
  3. Tabarukan ke pesantren tahfidz yang bersanad

Tulis komentar di sini

comments