Inovasi Pembelajaran Dengan USAID PRIORITAS

Kemitraan USAID PRIORITAS dengan MI Unggulan Sabilillah Lamongan dalam pengembangan inovasi pembelajaran menunjukkan perubahan yang signifikan, dimulai dari pengelolaan kelas, penataan lingkungan belajar yang menyenangkan, dan pemamfaatan alat peraga murah sebagai media pembelajaran. Selain itu, dukungan dan peran serta masyarakat (PSM) semakin baik yang dibuktikan dari tingginya partisipasi para orang tua yang mendukung pengelolaan sekolah dan pembelajaran.

Pada tanggal 13 April 2015 sebanyak 35 pendidik (yang terdiri dari pengawas sekolah, kepala sekolah, guru, calon fasilitator daerah, dan komite sekolah) melakukan kunjungan ke MI Unggulan Sabilillah Lamongan. Kunjungan ini bertujuan melihat implementasi pembelajaran aktif (active learning), manajemen sekolah,  tata kelola pendidikan, program penataan dan pemerataan guru yang didukung USAID PRIORITAS.

Kondisi pembelajaran di sekolah sebelum bermitra dengan USAID PRIORITAS masih kurang inovasi. “Setelah mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari program USAID PRIORITAS, para siswa menjadi lebih semangat, senang berada dalam lingkungan sekolah dan percaya diri. Selain itu, para guru mulai percaya diri melakukan inovasi menciptakan model pembelajaran yang menyenangkan, seperti memamfaatkan alat peraga murah sebagai media pembelajaran.

Dukungan kemenag dalam mendorong inovasi pembelajaran di madrasah juga terlihat dari kehadiran Pengawas PAI Kec. Lamongan, juga hadir dalam acara tersebut antara lain coordinator USAID PRIORITAS Kabupaten Lamongan, dan para pejabat Dinas Pendidikan, USAID PRIORITAS di Kab. Lamongan melakukan kemitraan beberapa unit sekolah, dan MI Unggulan Sabilillah adalah satu-satunya Madrasah Ibtidaiyah yang bermitra dengan USAID.

Kepala Madrasah, PPAI Kec. Lamongan dan Koordinator USAID Kab. Lamongan

Kepala Madrasah, PPAI Kec. Lamongan dan Koordinator USAID Kab. Lamongan

Tulis komentar di sini

comments